• home
Home » » Antena ini Membuat Pria Buta Warna Mampu 'Mendengar' Warna

Antena ini Membuat Pria Buta Warna Mampu 'Mendengar' Warna

Neil Harbisson, seorang pria yang berusia 33 tahun ini memiliki kemampuan untuk mendengarkan warna di sekelilingnya menggunakan perangkat yang tertanam di dalam tengkoraknya. Ia lahir buta warna, Neil Harbisson telah ditakdirkan untuk hidup dalam warna hitam dan putih sampai akhirnya ia tidak puas dengan kondisinya, ia pun berusaha meng-hack tubuhnya sendiri dengan memasang antena khusus yang melekat pada bagian dalam kepalanya.



Perangkat yang luar biasa ini dapat mengkonversi warna yang ada di sekelilingnya ke dalam bentuk suara yang mampu ia ambil dan secara mental menerjemahkannya ke dalam suatu konsep warna yang tidak dapat diberikan oleh matanya.

Hanya dalam waktu tiga tahun Harbisson berhasil sepenuhnya menghafal suara terkait dengan setiap warna tunggal dan bahkan mampu juga mengambil panjang gelombang inframerah dan ultraviolet.

Selain memproduksi sendiri karya seni yang unik, pria yang mendapat julukan 'insect-man' ini tetap menjadi advokat kuat dari gerakan transhumanisme yang berusaha untuk meng-upgrade tubuh manusia dengan teknologi.




Di masa depan ia juga berharap untuk dapat beradaptasi dan meningkatkan teknologi antena yang digunakannya, sehingga dapat menerjemahkan hal-hal lain, seperti rasa makanan di piring, ke dalam bentuk suara juga.

Namun, apakah implan semacam ini akan menjadi hal yang terbiasa? Kita lihat saja perkembangannya.

0 komentar:

Posting Komentar