• home
Home » » Kulit Elektronik Ini Ubah Manusia Bak Smartphone Berjalan

Kulit Elektronik Ini Ubah Manusia Bak Smartphone Berjalan


Teknologi baru yang dikembangkan peneliti di Jepang ini membuat manusia nantinya seperti ponsel pintar yang berjalan.
Baru-baru ini, para ilmuwan di Jepang mengklaim berhasil menciptakan sebuah 'kulit elektronik' yang dapat mengubah manusia menjadi smartphone berjalan. Penemuan luar biasa ini juga mampu melacak denyut jantung dan kondisi kesehatan seseorang.

Para peneliti yang mengembangkan 'kulit pintar' itu mengatakan, di masa depan, teknologi tersebut dapat memonitor kadar oksigen dalam darah, denyut jantung, dan kinerja tubuh secara keseluruhan. Ilmuwan dari Universitas Tokyo menggambarkan kulit elektronik tersebut sebagai kulit yang ultra tipis, ultra fleksibel, dan memiliki lapisan pelindung.

Cara pemakaiannya ternyata sangat sederhana. Anda cukup menempatkan semacam film tipis kulit elektronik di atas tubuh sendiri yang nantinya dapat memantau detak jantung serta kondisi kesehatan secara umum. Para peneliti menggunakan polymer light-emitting diodes (PLEDs) dan organic photodetectors (OPDs) yang cukup tipis dan fleksibel.

Untuk melindungi perangkat elektronik tersebut, terdapat film pelindung berkualitas tinggi di bagian luar. Dengan lebar kurang dari dua mikromoeter dan terbuat dari bahan organik.

Dilansir dari Mirror, Rabu (19/04/2016), saat ini kulit elektronik tidak memiliki rentang pemakaian yang panjang dan hanya berlangsung beberapa jam. Namun para ilmuwan terus berusaha untuk memperbaiki hal tersebut.

Profesor Takao Someya yang memimpin penelitian tersebut mengatakan kalau teknologi baru ini akan menambah dimensi baru bagaimana cara manusia berkomunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar