• home
Home » » Kacamata Canggih Ini Buat Tunanetra Dapat 'Membaca' Kembali

Kacamata Canggih Ini Buat Tunanetra Dapat 'Membaca' Kembali



Sebuah kacamata dengan teknologi canggih memungkinkan tunanetra dapat membaca kembali. Bagaimana cara kerjanya?

Sebuah kacamata yang mampu 'membaca' teks dan mengubahnya menjadi suara, memungkinkan tunanetra dapat membaca kembali. Perangkat yang telah diuji oleh para ilmuwan ini terlihat seperti kamera kecil yang menempel di sisi samping kacamata.

Dengan OCR - karakter membaca optik - teknologi, kamera, dan komputer kecil, membaca akan menjadi hal yang biasa bagi tunanetra. Cara kerja perangkat ini pun tidak terlalu sulit. Anda cukup menunjuk objek dan menekan tombol pemicu, hasil berupa suara akan terdengar di telinga seseorang yang memakai kacamata tersebut.

Para peneliti di University of California mengatakan teknologi ini membuat pengguna meningkatkan kemampuan seseorang dengang penglihatan terbatas untuk membaca buku, menu, surat kabar, dan surel. Malahan, kamera di kacamata tak hanya terbatas pada membaca teks, tapi juga membuat penggunanya dapat mengenali wajah dan suatu produk.



"Perangkat ini menawarkan harapan pada pasien yangg berada di luar terapi medis atau bedah untuk kondisi tersebut," ujar Dr Mark Mannis seperti dilansir dari Daily Mail, Minggu (08/05/2016).

"Kacamata ini mudah digunakan dan berpotensi untuk memberi kebebasan, terutama untuk pasien yang lebih tua dan berjuang dengan penglihatannya," tambah dia.

Perangkat ini telah dipasarkan di Amerika Serikat dengan harga sekitar 2.500-3.500 dollar Amerika. Saat dicobakan ke beberapa pasien, terlihat hasil yang menggembirakan dari percobaan tersebut. Tidak hanya bagi tunanetra, kacamata canggih ini juga sangat membantu seseorang dengan penglihatan yang terganggu.

0 komentar:

Posting Komentar